Jumat, Februari 02, 2018

Ronaldo Dan Messi Masih Pakai Gocekan Tertua Di Sepakbola

 Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Berita,bola/Gilagame12)
Gilagame12.blogspot.com - Banyak trik Gocekan yang berkembang dalam sepakbola modern belakangan ini. Namun, dari semua trik yang ada sekarang, ada satu Gocekan tergolong paling tua dan masih digunakan.

Itu adalah step over. Teknik ini, menjadi yang paling tua di dunia. Hanya saja, masih banyak pemain yang menggunakannya.

BACA JUGA : Barcelona vs Valencia

Para pemain sayap dan striker kerap menggunakan teknik step over. Tujuannya adalah untuk mengecoh lawan dan mengajaknya beradu sprint.

Teknik step over berlandaskan pada kecepatan kaki sang pemain untuk memutari bola, dan mendorongnya. Bisa dilakukan sekali atau berulang.

Belakangan, step over mengalami perkembangan. Para maestro gocek bola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, mengembangkan step over dengan beragam cara.

BACA JUGA : Punya Modal Bagus Real Madrid Jelang Melawan PSG

Mulai dari mengubah arah putaran dan dikombinasikan dengan pantulan dengan kaki lain, dan sebagainya.

Memang kuno, namun teknik ini sangat ampuh dan sering digunakan Messi, Ronaldo, Luis Figo, Zinedine Zidane, dan Robinho.

Penemu teknik ini masih belum jelas. Namun, ada dua pesepakbola yang diduga kuat merupakan pencetus teknik step over. Mereka adalah Pedro Calomino dan Law Adam. Keduanya diklaim jadi yang pertama menggunakan teknik step over di awal abad 20.