Sabtu, Juni 23, 2018

Dengan Susah Payah Timnas Brasil Tekuk Kosta Rika

Philippe Coutinho saat membobol gawang Kosta Rika pada menit ke-90+1 di Saint-Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018) (berita,bola/Gilagame12)

Gilagame12.blogspot.com - Timnas Brasil berjuang susah payah untuk mendapatkan tiga poin pada penyisihan grup E Piala Dunia 2018. Pada pertandingan kedua grub E melawan Kosta Rika di Saint-Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018), mereka berhasil menang 2-0 atas Kosta Rika.

Adalah Philippe Coutinho dan Neymar yang tampil sebagai bintang untuk kemenangan Timnas Brasil pada pertandingan kedua Grup E Piala Dunia 2018 itu. Keduanya mencetak gol penentu kemenangan saat laga sudah memasuki akhir pertandingan ini.

Saat ini, peluang Brasil untuk bisa melaju ke 16 besar semakin terbuka. Mereka kini tinggal menanti laga melawan Serbia yang akan jadi penentu kelolosan mereka.

BACA JUGA: Kalah Telak Dari Kroasia, Argentina Bagaikan Diujung Tanduk

Saat bergulirnya Babak pertama

Brasil langsung tampil memberikan tekanan dan ancaman saat laga baru berjalan tiga menit. Lewat serangan yang teratur, Philippe Coutinho menembakkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, arah dari bola yang di lesatkannya masih jauh dari gawang Kosta Rika yang di kawal, Keylor Navas".

Dominasi Brasil mencoba membuat hampir seluruh pemain Kosta Rika berada di daerahnya sendiri. Mereka mencoba untuk mengandalkan serangan-serangan balik dengan meninggalkan Marco Urena sendirian di depan.

Hingga Brasil mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti Kosta Rika setelah Willian dijatuhkan. akan tetapi, kesempatan yang didapat di menit ke-10 itu masi gagal dimanfaatkan Neymar untuk memberikan umpan yang tepat kepada teman-temannya.

Setelah itu Kosta Rika mendapatkan peluang di menit ke-13. Lewat siasat serangan balik, Celso Borges masi gagal memanfaatkan operan dari sisi kanan yang diterimanya di dalam kotak penalti Brasil. Padahal, saat itu gawang Brasil dalam kondisi tak terkawal.

BACA JUGA: Kalahkan Peru, Prancis berhasil Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Meski menguasai jalannya permainan, Brasil belum bisa menciptakan peluang emas sejauh ini. sejauh pertandinagn bergulir, ancaman-ancaman yang diberikan tim yang dilatih Tite itu hanya lewat tendangan bebas. Salah satunya pada menit ke-23, tapi tendangan bebas Neymar lagi-lagi gagal disambut teman-temannya.

Kesulitan di barisan depan Brasil sampai harus memaksa Marcelo juga ikut rajin membantu serangan. Bahkan, Marcelo sempat melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti di menit ke-29 yang masih mengarah lebar di sisi kiri gawang Kosta Rika.

Itu bukan satu-satunya percobaan yang dilakukan Marcelo. Di menit ke-41, ia juga lagi-lagi mencoba peruntungannya dan sempat mencoba untuk menjebol gawang teman setimnya di Real Madrid itu. Namun amat di sayangkan, lagi-lagi upayanya tak membuahkan hasil. Babak pertama pun ditutup dengan skor imbang 0-0.

Dibabak Kedua

Saat Neymar mencetak gol kemenagan Brasil atas Kosta Rika pada menit ke-90+7 dan mengubah skro menjaadi 2-0 di Saint-Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018) (berita,bola/Gilagame12)


Memasuki babak kedua dimulai dengan pergantian pemain Brasil. Willian digantikan oleh Douglas Costa. Di menit ke-48, sempat terjadi keributan di dalam kotak penalti Kosta Rika. Untung bagi Kosta Rika, Navas masih bisa menjaga gawang Kosta Rika.

Dua menit kemudian, Brasil lagi-lagi mendapatkan peluang emas. Akan tetapi, sundulan Gabriel Jesus yang menyambut umpan silang masih membentur tiang gawang. Memasuki menit ke-56, peluang emas kembali didapat Brasil. Kali ini giliran Neymar yang masi gagal menaklukkan Navas meski dalam posisi tak terkawal.

Berbagai upaya yang dicoba brasil tak kunjung membuahkan hasil membuat Neymar semakin bersemangat. Memasuki menit ke-60-an, tampak pemain bintang di tim Paris Saint-Germain (PSG) itu jadi pemain yang paling sibuk di lini depan Brasil. Tapi, keberuntungannya belum bisa menaklukkan Navas.

BACA JUGA: Australia Berhasil Tahan Imbang Denmark

Peluang emas yang kesekian kalinya didapat Brasil di menit ke-72. Neymar sempat mencuri bola dari Johnny Acosta. Sayang, tendangan dari sisi kotak penalti gawang Kosta Rika melambung tipis di atas gawang Kosta Rika.

Sempat terjadi insiden di menit ke-78. Neymar terlihat dilanggar Giancarlo Gonzalez di kotak penalti Kosta Rika. Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik putih, tapi kemudian ia merevisinya setelah melihat Video Assistant Referee (VAR). Wasit menganggap tak ada kontak yang berlebihan kepada Neymar.

Kebuntuan Brasil akhirnya terpecahkan di menit ke-90+1. Berawal dari umpan di sisi kiri, Jesus dengan leluasa memberikan assist yang memudahkan Coutinho untuk mencetak gol n. Di menit ke-90+7, Neymar menggenapkan kemenangan Brasil usai memanfaatkan assist Costa. Laga pun ditutup dengan kemenangan 2-0.

BERIKUT VIDEO BRASIL VS KOSTA RIKA JUMAT, (22/06/2018):